Jumat, 14 November 2014

BUTLER SERVICE

BUTLER SERVICE


Pengertian Butler Service Attendant
.           Butler service adalah salah satu bidang layanan atau jasa yang biasanya memiliki pelatihan profesional dan pengalaman resmi di lapangan dituntu tuntuk memberikan kepuasan tamu baik di Front Office, Housekeeping maupun Food & Beverage
            Yang dapatdiartikan, Butler di dunia barat dan terutama di Britania Rata dan bekas jajahannya adalah pelayan senior dalam sebuah rumah tangga. Posisi ini telah ada sejak ratusan tahun, namun dalam arti modern seorang butler bertanggung jawab terhadap makanan, minuman, alat makan, menyediakan pelayanan lain, dan kadang melakukan tugas-tugas lain. Istilah - istilah lain untuk butler adalah Butler administrator, staff manager, dan head of household staff.
SYARAT SEORANG BUTLER SERVICE
a . Male-Female 30-40 years old
b. Basic Food and Baverage, minimal 1 years old in Food and Beverage Department
c. Basic Housekeeping Department
d. Other Language
e. Friendly and Flexible
f. Good Communicator
g. Eficient
h. Smart

Adapun tugas dan tanggungjawab Butler service adalah:
1.       Front Office Department
a)      . Membantu tamu untuk melakukan pemesanan kamar untuk kedatangan berikutnya.
b)      Bertanggungjawab untuk membuka pintu kamar apabila bellman akan menyampaikan kiriman tetapi tamu yang dimaksud tidak ada di kamar. Dalam hal ini dia menjadi saksi bahwa kiriman untuk tamu tersebut telah diletakkan di meja tamu dan kemudian mencatatnya di log book.
c)      Memberikan informasi kepada concierge kalau ada tamu yang membawa seseorang masuk ke kamarnya padahal nama orang itu tidak terdaftar di hotel.
d)     Memberikan informasi kepada concierge bila kunci kamar tidak dapat dipergunakan atau tidak berfungsi.
e)      Membantu bellman mengantar pesan, telex, facsimile dan surat.

2.      Food & Beverage department
a)      Bertanggungjawab memonitor minibar untuk layanan tamu VIP dalam hal mempersiapkan champagne, wine, dan sebagainya.
b)      Keranjang buah, peralatan gelas, pisaudan lain-lain harus diatur sedemikian rupa sehingga kelihatan sedap dipandang mata.
c)      Membantu room service dalam hal menawarkan makanan dan minuman bagi tamu yang menginginkan.

3.      Housekeeping Department
a)      Melaporkanke Housekeeping office atau room boy apabila melihat kamar yang kotor.
b)      Melaporkanke Housekeeping office bila ada kamar yang sudah check-out.
c)      Butler Service harus membuat laporan kepada Housekeeping office agar dibuatkan work order seandainya ada kamar yang rusak.
d)     Membantu melakukan open bed apabila diperlukan.

Selain tugas dan tanggung jawab di atas, ada pula baeberapa tugas dan tanggung jawab seorang butler service, yaitu:
a.    Tugas Personal Butler pada saat kedatangan tamu, yaitu:
1.    Memastikan kamar yang dipesan telah tersedia
2.    Menyapa tamu pada saat tiba di hotel
3.    Melakukan pendaftaran tamu tiba di kamar
4.    Menangani barang – barang yang tidak di kemas
5.    Menyuguhkan minuman selamat datang
6.    Menawarkan produk complimentary hotel
7.    Mencatat pesanan khusus tamu pada saat kedatangan
b.    Tugas Personal Butler pada saat tamu menginap di hotel, yaitu:
1.    Mengambil dan membawa pesanan room service tamu
2.    Menangani cucian tamu
3.    Memberikan layanan housekeeping lebih baik
4.    Menyiapkan mandi busa bagi tamu
5.    Merapikan lemari pakaian
6.    Memastikan bahwa kama tamu diperbaiki dengan sempurna
7.    Memeriksa dan melengkapi kembali snack bar di kamar tamu
c.    Tugas Personal Butler pada saat tamu pergi, yaitu:
1.    Menawarkan jasa pengepakan barang tamu
2.    Menyelesaikan pembayaran tamu
3.    Menyediakan transportasi tamu pada saat berangkat
4.    Mengkoordinasi pengangkatan barang tamu
5.    Mengantar tamu ke lobby
6.    Memeriksa ulang bila ada barang tamu yang tertinggal

V. Prosedurkerja Butler Service
      Dalam melaksanakan tugasnya ada prosedur kerja yang berlaku bagi butler service.Prosedur kerja itu disesuaikan dengan shift-nya masing-masing, yaitu:
1.        Butler shift pagi hari
a.    Memelihara penampilan secara professional, memakai seragam yang bersih dan rapi, sepatu disemir dan memakai tanda pengenal karyawan.
b.   Hadir dan tandatangan kehadiran di housekeeping office
c.    Mengambil master key dan tanda tangan sebagai bukti telah mengambil master key.
d.   Mempersiapkan pelayanan di kamar tamu untuk tamu yang mengajukan permintaan bangun pagi.
e.    Mendistribusikan Koran - koran. Bagikan Koran sesuai permintaan tamu, kecuali untuk kamar - kamar yang wake-up callnya belum tiba saatnya. Koran dapat diselipkan di bawah pintu. Khusus untuk kamar suite, korannya dimasukkan ketempat koran (newspaper jacket).

2.      Butler shift sore hari (pukul 14.00 hingga 23.00)
a.       Penampilan harus professional, berpakaian bersih dan rapi, sepatu disemir dan memakai pengenal.
b.      Tanda tangan kehadiran dan mengambil kunci.
c.       Mengambil afternoon amenities di pastry dan membawanya ke pantry. Kemudian afternoon amenities tersebut diletakkan di tempat yang telah disediakan.
d.      Mengantar afternoon amenities antara pukul 14.00 hingga 15.30. Tiap lantai diwakili oleh satu orang butler yang membawa afternoon amenities trolley.
e.       Pemberian afternoon amenities dilakukan bersamaan dengan penggantian ice cube.
f.       Menerima laundry yang telah selesai dicuci, dicek satu persatu. Jumlah dan tipe barang dipilah sesuai dengan identitas yang tertulis dalam log book.
g.      Mengembalikan laundry ke kamar tamu. Untuk laundry yang biasa digantung di kapstok (hanger), letakkan di kamar mandi, di sisi terdekat dari pintu dengan kaitan menghadap ke dalam. Sementara untuk laundry yang mesti ditaruh di dalam keranjang, letakkan di sisi ujung tempat tidur atau di dekat jaket mandi yang terletak di tempat yang paling dekat dengan pintu masuk.
h.      Makan malam : Butler secara bergantian istirahat makan malam antara pukul 16.30 hingga 18.30.
i.        Membantu tamu mengepak barang-barangnya.



3 Komentar:

Pada 27 Februari 2017 pukul 03.52 , Blogger Nandhini mengatakan...

Wonderful bloggers like yourself who would positively reply encouraged me to be more open and engaging in commenting.So know it's helpful.
House Cleaning Service in Chennai

 
Pada 11 Desember 2019 pukul 18.14 , Blogger Unknown mengatakan...

Kontol

 
Pada 14 Oktober 2020 pukul 23.05 , Blogger Unknown mengatakan...

Why u give such a bad comment like this?

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda